Friday, September 21, 2012

Keunggulan Wireshark

...........!!!
Nah setelah saya mengepostkan tentang bagaimana menginstall Wireshark pada sebelumnya juga saya sudah jelaskan secara singkat apa itu Wireshark. Menganalisa jaringan itu bisa dilakukan dengan Wireshark tentunya. Karena Software ini sudah dilangkapi dengan fitur-fitur yang sangat komplit. Diantaranya : tersedianya untuk pengguna UNIX dan Windows (Saya pengguna untuk Windows), bisa meng-Capture paket data dengan informasi protokol yang sangat rinci, Buka dan simpan paket yang diambil, Impor dan Ekspor paket data dari dan ke banayk program capture lainnya, menyaring paket pada banyak kriteria, pencarian untuk paket pada banyak kriteria, colorize menampilkan paket berdasarkan filter, bisa membuat berbagai ststistik, dan masih banyak lagi.....

[Perlunya kita untuk Menganalisa Sebuah Packet yang dikirimkan dijaringan]
- Untuk Memecahkan masalah pada sebuah jaringan apabila terjadi troubleshooting.
- Untuk Memeriksa keamanan (Security)  pada jaringan.
- Untuk Men-debug implementasi protokol dalam jaringan.
- Untuk mempelajari protokol secara lebih teliti.

dahulu kala sebelum adanya Switch, Hub adalah satu-satunya cara untuk mengintip isi percakapan antara pengguna jaaringan lainnya karena hub masih bersifat shared atau sesama pengguna jaringan dapat mengetahui isi percakapan (packet-packet data). Dengan adanya Switch maka kejadian tersebut bisa dicegah. Packet-packet data yang sangat penting bisa diselamatkan, meskipun masih banyak lagi cara sebenarnya untuk mengintip proses kirim dan terima packet. Switch akan membuat jalur virtual untuk berkomunikasi dengan pangguna jaringan. Cara satu-satunya agar bisa mengendus isi percakapan dengan cara memasang port mirroring dari switch yang akan di pasang program sniffer disini saya memakai wireshark. Cuma saja hanya produk switch yang manage-able(dapat diatur) yang bisa melakukannya jika switch memakai unmanaged(setting permanen) maka proses akan lebih rumit lagi.


Ini merupakan gambaran bila ingin mengendus paket melalui switch.

Gambar diatas dapat diajadikan contoh kebanyakan jaringan yang ada. Garis merah merupakan proses port mirroring dengan target mirror port yang akan dipasang wireshark. dan tentu saja administrator dapat mengkonfigurasi switch.

Ini merupakan gambar apabila switch yang dipakai adalah unmanaged(tidak bisa di otak-atik.

Gambar di atas dibuat apabila switch yang digunakan tidak mendukung untuk diatur dengan menghubungkan ke Hub yang akan dipasangkan Wireshark. Meskipun pada kenyataannya sekarang ini Hub sangat sulit ditemui di pasaran karena sudah tidak diproduksi lagi.

Ini merupakan saat Wireshark sedang Running pertama kali sehingga muncul window seperti berikut.

pilihlah interface yang akan kita capture, pilihlah yang menunjukkan adanya data paket yang dikirimkan. Klik Start.
ini merupakan hasil capture yang telah dilakukan.




sumber :

No comments:

Post a Comment